Cara Mengajar di MDA Yang Baik

Eksistensi MDA Masa Kini

Cara Mengajar di MDA
Cara Mengajar di MDA
Cara mengajar di MDA -  MDA maksudnya disini yaitu Madrasah Diniyah Awaliyah. Madrasah ini merupakan pendidikan nonformal yang ada di Indonesia. Popularitas madrasah jenis MDA ini saat ini dinilai membaik. Di berbagai daerah MDA ini masih tetap eksis. Seperti yang kita ketahui, atau yang kita alami sendiri, bahwa MDA ini merupakan pendidikan yang sudah cukup kuno. Maksudnya, pendidikan jenis ini sudah ada sejak zaman dulu. Namun, pendidikan jenis MDA ini tidak pudar tertelan zaman, dan kini masih tetap eksis dalam dunia pendidikan formal. Pendidikan jenis MDA ini masih kerap menjadi perhatian masyarakat untuk membelajarkan anaknya di pendidikan tingkat MDA ini.

MDA merupakan pendidikan jenis nonformal yang cukup efektif. Dikatakan demikian karena waktu pelaksanaannya itu cukup baik bagi waktu siswa, dimana biasanya pendidikan jenis MDA ini berlangsung pada waktu sekitar pukul 15.00 wib hingga 17.00 wib. Tentu, melihat dari waktu pelaksanaannya, dirasa cukup efektif untuk lingkungan siswa. Semestinya siswa itu dikontrol lingkungannya. Dengan Madrasah MDA ini, lingkungan anak akan lebih terkontrol.

Pendidik di MDA

Pendidik yang ada di MDA ini hingga kini dinilai cukup baik. Belum ditemukan adanya kesalahan yang dilakukan oleh guru MDA. Belum ditemukan berita yang bernilai negatif tentang guru MDA ini. Jadi, dari pandangan ini memberikan gambaran bahwa pendidikan jenis MDA ini dinilai cukup baik bagi anak yang masih memiliki waktu luang pada pukul 15.00 - 17.00 wib.

Cara mengajar di MDA

Memang pada dasarnya banyak cara yang dilakukan oleh guru dalam mengajar di MDA. Berbagai trik sudah terlihat diterapkan pada masing-masing guru. Ada beberapa hal yang perlu disampaikan disini, terkait tentang cara mengajar di MDA, yakni sebagai berikut:

Cara mengajar Alquran di MDA

Cara mengajar alquran di MDA tentu berbeda dengan cara mengajar alquran secara pribadi atau private. Cara mengajar alquran di MDA ini akan dihadapkan dengan berbagai siswa di dalam kelas, yang tentunya kita ketahui bersama pada diri masing-masing siswa itu berbeda-beda cara belajarnya. Ada yang senang dengan belajar secara mendengar, adapula yang senang dengan cara mengajar yang tulisan. Bagaimana cara mengambil jalan tengah akan keadaan ini? Akan kita bahas satu per satu.

Mengajar alquran disini tidaklah gampang, karena mengajar alquran di MDA ini akan menghadapi berbagai siswa dengan jumlah yang tidak sedikit. Untuk itu, ada cara yang dirasa memang cara yang kuno, namun hingga kini cara ini belum terkalahkan dengan cara yang baru. Artinya, belum ada cara yang baru ditemukan dalam hal ini. Tentu, pendidikan jenis MDA ini masih menunggu penelitian dari mahasiswa untuk cara mengajar Alquran ini.

Cara klasik yang dimaksudkan di atas itu adalah sebagai berikut:
  1. Mengajar Alquran dengan membagi kepada 2 kegiatan belajar sekaligus. Maksudnya, siswa itu ditugaskan untuk mengerjakan suatu hal atau mengerjakan tulisan tertentu, lalu satu per satu dipanggil ke meja guru untuk membacakan Alquran. Cara ini juga sering kita lihat di lembaga MDA.
  2. Mengajar Alquran dengan cara memanggil dua orang sekaligus ke hadapan guru untuk membacakan Alquran. Cara ini dinilai cocok. Cara ini juga dapat menghemat waktu, terlebih karena waktu pelaksanaan MDA itu hanya sekitar 2 jam saja. Tentu, dengan cara ini, pembelajaran Alquran itu lebih terlihat efektif.


Ada hal yang perlu disampaikan disini untuk menambah nilai efektif dalam kegiatan mengajar Alquran di MDA ini, yaitu sebagai berikut:

Pilih dua orang anak yang akan membacakan Alquran, dengan catatan satu anak yang memiliki keterlambatan dalam membacakan Alquran, dan satunya lagi anak yang mulai membaik bacaan Alqurannya.

Dengan cara demikian, waktu yang akan digunakanpun lebih efektif dan jauh dari rasa membosankan. Mengapa harus menyilang siswa yang ada itu? Karena, disamping menimbulkan minat baca terhadap siswa yang memiliki kekurangan, hal ini juga membantu untuk mengurangi rasa jenuh dan bosan bagi guru. Dengan begitu, nantinya guru itu sendiri akan lebih terfokus pada anak yang masih kurang kemampuannya dalam membaca Alquran. Namun, bukan berarti mengabaikan siswa yang baik kemampuan membaca Alqurannya. Hanya saja lebih terfokus pada anak yang memiliki kekurangan. Tentu, melihat deskripsi ini, dirasa waktu yang digunakanpun cukup efektif.

0 Response to "Cara Mengajar di MDA Yang Baik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel