Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Saat Sidang Skripsi

pertanyaan_sidang_skripsi
Pertanyaan Sidang Skripsi

Sidang Skripsi merupakan hal yang paling menakutkan bagi anda yang sedang berada pada semester akhir pada pendidikan atau mahasiswa. Berbagai pertanyaanpun muncul, bagaimana sidang skripsi nanti? Apa yang harus dipersiapkan menjelang sidang skripsi nanti? Pertanyaan apa yang akan di tanyakan dosen saat sidang nanti?

Wajar memang, bila pertanyaan itu hadir di benak kita ketika akan melaksanakan sidang skripsi. Namun, jangan terlalu membuang waktu untuk memikirkan itu semua. Apalagi, sampai menghabiskan waktu untuk itu.

Sidang skripsi, pada dasarnya merupakan tugas akhir yang harus di lalui para mahasiswa bila ingin menyelesaikan perkuliahaannya. Tiap mahasiswa pasti melewati ini, baik cepat ataupun lambat. Jadi, jangan anggap ini penghalang bagi kelulusan anda. Percayalah, keadaan ini akan membuat anda bahagia bila melewatinya.

Kali ini, Bang Lubis akan merangkum beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan saat sidang skripsi.

Apa Judul Skripsimu

Pertanyaan yang sederhana dan mendasar bukan? Bagaimana mungkin anda menuju meja sidang, tapi anda sendiri tidak hafal dengan judul penelitian skripsi anda. Bahkan, bagi sebagian orang, atau bahkan anda sendiri nantinya akan menghafalnya ketika anda benar-benar mengerjakan sendiri skripsi anda. Dengan sering mengikuti kegiatan bimbingan skripsi dengan dosen anda, maka secara tidak langsung anda menghafal judul skripsi anda.

Biasanya, pertanyaan ini adalah pertanyaan yang pertama kali di tanyakan penguji sidang skripsi anda.

Jangan canggung, pastikan anda memberikan jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini. Apalagi, bila anda menjawab tanpa melihat teks, tentunya sikap yang semacam itu lebih meyakinkan bukan?

Apa Masalah Dalam Penelitianmu

Hal ini, juga hal yang mendasar. Pertanyaan ini menjadi pokok utama dalam sebuah penelitian. Bagaimana mungkin anda membangun sebuah penelitian hingga selesai tanpa mengetahui sumber masalah yang ada, atau bahan kajian anda dalam menyelesaikan skripsi.

Jangan menganggap remeh hal ini. Hal ini menjadi nilai pokok dalam sebuah ujian di sidang skripsi. Walau pertanyaan sederhana, anda perlu menjawab secara jelas dan terperinci tentang masalah yang ada dalam penelitian anda. Tentunya, jelaskan secara lebih terukur dan terstruktur.

Bagaimana Rumusan Masalah Dalam Penelitianmu

Rumusan masalah, merupakan hal yang harus dilakukan setelah menemukan latar belakang masalah. Anda harus merumuskan masalah secara lebih rinci, untuk membatasi penelitian agar tidak terlalu meluas dalam pembahasan dan agar lebih terfokus.

Untuk menjawab ini, anda harus menyiapkan jawaban yang benar-benar masuk akal. Tentunya, dengan demikian akan memberikan nilai baik di mata penguji sidang anda.

Metodologi Penelitianmu

Pertanyaan ini sebenarnya ada pada BAB 3 pembahasan skripsi anda. Jadi, anda harus memahami akan alur dari penelitian anda sendiri. Jangan sampai anda tidak paham tentang alurnya, bisa-bisa hasil penelitian anda diragukan.

Metodologi erat kaitannya dengan jenis penelitian, waktu penelitian, subjek dan objek penelitian, reduksi data, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, pahami dulu alur penelitian anda, lalu anda akan lebih mudah untuk menjelaskannya.

Bila anda dapat menjelaskan tanpa membaca, maka anda dinilai paham akan penelitian anda sendiri. Dengan demikian, skripsi anda meyakinkan. Terkadang, cara dan sikap anda di ruang sidang menentukan keberhasilan anda. Bila dosen penguji anda melihat sikap anda dan memandang bahwa anda menguasainya, biasanya pertanyaan itu akan dicukupkan. Sebab, anda sendiri sudah paham.

Seputar Hasil Penelitian

Persiapkanlah data-data yang anda perlukan untuk dijelaskan di ruang sidang. Anda dapat menuliskannya dalam sebuah buku kecil sebagai pegangan anda dalam menjelaskan. Namanya bersifat data, tentu akan lebih sulit untuk menghafalkannya. Oleh sebab itu, boleh jika anda melihat teks, namun tetap pada alur penelitian anda, harus masuk akal dan anda sendiri memahaminya.

Untuk meyakinkan penguji, sebaiknya anda menyajikan data secara terperinci dan jelas. Bayangkan bila anda menjelaskan data yang anda dapatkan itu secara detail, hingga penguji itu sendiri tidak memiliki pertanyaan apapun seputar itu, tentu anda bangga bukan?

Daftar Pustaka Skripsi

Daftar pustaka merupakan hal yang cukup sering di tanyakan para penguji. Memang, pada dasarnya penguji itu manusia dan pemikirannya tentu berbeda-beda.

Terpenting pada bagian ini sebenarnya adalah daftar pustaka anda harus relevan. Maksudnya, bila anda mencantumkan referensi sebagai daftar pustaka, maka dalam isi skripsi anda harus ada pula kutipan dari referensi yang dimaksud itu. Tentunya, anda paham akan hal ini.

Periksalah kembali skripsi anda, perbaiki bila masih terdapat sesuatu yang salah.

4 Responses to "Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Saat Sidang Skripsi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel